Analisis Dekonstruktif Terhadap Radikalisme Islam: Dari Nalar Islam Pusat Menuju Identitas Islam Pribumi

Ahmad Lutfi

Abstract


Arus modernitas bangsa Barat ke berbagai belahan dunia, memicu reaksi dari tubuh umat Islam. Reaksi tersebut terpola menjadi tiga model pergulatan wacana pemikiran. Pertama, merujuk teks-teks dasar al-Qur’an. Kedua, merujuk seluruh tradisi yang muncul pada era kenabian sebagai bentuk aplikasi yang pertama. Ketiga, merujuk pada keseluruhan produk dari interaksi tripartit antara umat Islam, teks-teks keagamaan dan situasi yang melingkupinya. Kelompok yang pertama yang menjadikan teks-teks dasar al-Qur’an sebagai satu-satunya otoritas epistemologis disebut Islam fundamentalis. Kelompok kedua yang mencakupkan tradisi sebagai bentuk aplikasi yang pertama disebut Islam tradisionalis. Dan kelompok yang ketiga dengan pendekatan tripartitnya selanjutnya disebut Islam liberal. Makalah ini akan memberikan suatu koreksi terhadap desain pemikiran yang sudah mengglobal pada diri Islam fundemantalis dengan proyek universalisme Islamnya dan akan menggunakan model pendekatan studi postkolonialis. Pembahasan dalam studi postkolonial ini akan dibagi menjadi lima sub pembahasan. Pertama, mengenali akar-akar hegemonik Islam fundamentalis. Kedua, penerapan travelling theory tahap pertama. Ketiga, penerapan travelling theory tahap kedua. Keempat menggambarkan bentuk identitas etnis pada Islam tradisional. Dan kelima, faktor problematika dari Islam fundamentalis dan Islam tradisionalis.

Full Text:

PDF

References


Adonis, As-S|a>bit wa al-Mutahawwil: Bahts fi> al-Ibda’ wa al-Itba’ ‘Inda al-’Arab yang sudah di terjemahkan ke bahasa Idonesia dengan judul Arkeologi sejarah pemikrian Arab Islam, Yogyakarta: LkiS Group, 2007.

Abu Zaid, Nasr Hamid, Naqd al-Khitab al-Dini, Mesir: Sina li an-Nasr, 1994.

Arkoun, Muhammad, Terj. Hasyim Shalih, Membongkar Wacana Hegemonik Dalam Islam dan Postmodernisme, Surabaya: Al-Fikr, 1999.

Baso, Ahmad, “NU Studies vis-a-vis Islamic Studies: Perspektif dan Metodologi Dari Oleh Dan Untuk Islam Indonesia Pasca 11 Septemer”. Makalah, tidak diterbitkan.

Bertens, Karl, Filsafat Barat Abad XX Prancis jilid II, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996.

Budiman, Kris, “Hermeneutika dan Kebudayaan Sebagai Teks: Persoalan Etnosentrisme Dalam Interpretasi”, Makalah, tidak diterbitkan.

Da’ur, Ahmad, Naqd al-Qanu>n al-Madani, ttp: tp,1990.

Eriyanto, Analisis Wacana; Pengantar Analisis Teks Media, Yogjakarta: LKiS, 2005.

Esposito, John L., dan O. Voll, John, Demokrasi Di Negara-Negara Muslim; Problem dan Prospek, Bandung: Mizan, 1999.

_______, The Oxford Enciclopedia of the modern Islamic World, Oxford: Oxford University Press, 1995.

Fanon, Frantz, The Wretched of the earth, New York: Penguin Book, 1967.

Foucault, Michel, The archeology of Knowledge; terj. A.M. Sheridan Smith, London: Tavistock, 1972.

al-Jabiri, Muhammad Abed, al-Khithob al-Arob al-Mu’ashir: Dirosath Tahliliyah Naqdiyah, Beirut: Markaz Dirosah al-Wihdah al Arobiyah, 1992.

---------, Nahnu wa Turots; Qiro’ah Mu’ashirah fi turatsina al-Falsafi, Casablanca: al-Markaz al-Tsaqofi al-‘Arabi, 1986.

Kurzman, Charles, (ed), Wacana Islam Liberal; Pemikiran Islam Kontemporer Tentang Isu-Isu Global, Jakarta: Paramadina, 2001.

Loomba, Ania, Colonialism/postcolonialism; New York: Routledge, 2000. terj; Hartono Hadi Kusumo, Kolonialisme/ Pascakolonialisme, Yogjakarta: Bentang Budaya, 2003.

Madjid, Nurcholish, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Paramadina, 2005.

Martin, Richard C., (ed), Approach to Islam and Religious Studies Tucson: The University of Arizona press, 1985.

Mignolo, Walter D., Local Histories/Global Designs: Coloniality, Subaltern Knowledge, and Border Thinkin, Princeton: Princeton University Press, 2000.

Mufid, Ahmad Syafi’i, Perkembangan Faham Keagamaan Transnasional di Indonesia, Jakarta: Balitbang dan Diklat Kemenag RI, 2011.

Mulkan, Abdul Munir dengan Abdala, Ulil Absor tema “Islam adalah Produk Lokal” yang muat di situs internet pada tanggal 14 April 2002 .

An-Nabhani, Taqiyudin, Ajhizah ad-Daulat al-Khilafah, Beirut Libanon: Dar al-Ummah, 2005.

Nanji, Azim, (ed), Mapping Islamic Studies: Geneology, Continuity and Change, Berlin: Mouton de Gruyter,1997.

Nasution, Harun, Islam Rasional, Bandung: Mizan, 1996.

Permata, Ahmad Norma (ed), Agama dan Terorisme, Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2006.

Ratna, Nyoman Kutha, Postkolonialisme Indonesia; Relevansi Sastra, Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Recoeur, Paul, Hermeneutics and The Human Sciences: Essays on language,action, and intepretation, terj. John B. Thompson, Cambridge: Cambridge University Press, 1984.

---------, Niz}a>m al-Ijtima’ fi> al-Isla>m, cet ke IV, Beirut: Dar al-Ummah, 2003. Terjemahan dengan judul Sistem pergaulan Dalam Islam, Jakarta: HTI Press, 2006.

Said, Edward, Power, Politic, and Power: Interview with Edward Said, edited and with introduction by Gauri viswanathan, London: Bloomsbury, 2005.

---------, Representations of the Intellectual the 1993 Reith Lectures, New York: Vintage Books, 1996.

--------, The World, The Text, and The Critic, London: Vintage, 1983.

as-Suyuti, Jalal Ad-Din ‘Abd ar-Rahman Abi Bakr, al-Asybah wa an-Nadloir fi al-Furu’, Semarang: Toha Putra, tth.

Tahrir, Hizbi, Mafahim Siyasi li Hizbit Tahrir terj oleh Siddiq al-Jawi, Jakarta: HTI, 2005.

Thoha, Zainal Arifin, Jagadnya Gus Dur: Demokrasi, Pluralisme, dan Pribumisasi Islam, Yogjakarta: Kutub, 2010.

Tiffin, C. dan Lawson, A., De-scribing empire, Postcolonialism and Textuality, London and New York: Routledge,1994.

Wahid, Abdurrahman, Islam Kosmopolit: Nilai-Nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan, Jakarta: The Wahid Institut, 2007.

Wahid Institut, Seri Agama dan Konflik 2; Agama dan Pergeseran representasi: Konflik dan Rekonsiliasi di Indonesia, Jakarta: The Wahid Institut, 2009.

Wijaya, Aksin, “Peta Gerakan Islam Di Indonesia”, makalah tidak diterbitkan.

-------------, Menusantarakan Islam; Menelusuri Jejak Pergumulan Islam yang tak Kunjung Usai di Nusantara, Yogyakarta: Nadi Pustaka, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v8i2.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.