ANALYSIS OF BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGIES IN LATANSA SPORT SUPERVERTISEMENT USING THE CANVAS MODEL BUSINESS APPROACH IN PONONOGO, EAST JAVA

Yahya Mukti

Abstract


Saat ini, pertumbuhan bisnis di Indonesia sangat pesat. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi bagi perusahaan atau pelaku bisnis untuk bisa melakukan strategi yang tepat demi mempertahankan bisnisnya atau bahkan mengembangkannya.Kegiatan usahan dalam kaca mata Islam memiliki etika yang senantiasa memelihara kejernihan aturan agama (syariat) yang jauh dari keserakahan dan egoisme. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis toko swalayan La Tansa sport dengan pendekatan bisnis model canvas.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Pada studi ini penulis menggunakan pendekatan Business model canvas untuk memetakaan model bisnis dari La Tansa sport dan mengevaluasinya dengan menggunakan analisis SWOT.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi, mewawancara, dan pengumpulan data dengan dokumen, serta trianggulasi.Bedasarkan hasil dari wawancara diperoleh gambaran dari Business model canvas La Tansa sport saat ini. Bedasarkan analisis SWOT yang dilakukan terhadap hasil dari wawancara menujukkan kelemahan, kekuatan dari unit usaha La Tansa sport, ancaman yang perlu dihadapi, serta peluang yang perlu dimanfaatkan. Berdasarkan hasil dari evaluasi yang telah dilakukan dapat dijadikan rekomendasi La Tansa sport dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya dengan cara melakukan penyempurnaan terhadap Business model canvas yang sudah ada sebelumnya dengan menambah aktivitas berupa melakukan pengoptimalan dalam menggunakan social media untuk meningkatkan penjualan, menambah gerai atau toko, melatih lagi softskill dalam memainkan pemasaran digital,melakukan endorsmen dari seorang yang sangat berpengaruh di masyarakat.


Keywords


Kata Kunci : Analisis SWOT, Business Model Canvas, Pengembangan Bisnis

Full Text:

PDF

References


Adwiyah, Rabiatul. “Analysis of Business Plan Using Business Model Canvas (BMC) on Modern Fish Market.” MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan 37, no. 1 (2021)

Bahtera, Novyandra Ilham, Laila Hayati, and Novyandri Taufik Bahtera. “BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY USING BUSINESS MODEL” 4, no. 1 (2020)

Furqon, Chairul, Mokh Adib Sultan, and Fanji Wijaya. “Business Development of Coffee Farmers Group Using Triple Layered Business Model Canvas” 4, no. 4 (2019)

Furqon, Chairul, and Mokhadib Sultan. “Business Model Canvas Analysis on Cual Weaving Industry” 1, no. 2 (2018)

Gunawan. “Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Bayam (Amaranthus Hybridus) Dengan Pendekatan Business Model Kanvas: Studi Kasus Pada CV. OAG Di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.” Sosial Ekonomi dan Pertanian 14, no. 1 (2017)

Luklukmukhoyaroh, Lukluk. “Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Cv Ganteng Revolution.” JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia 2, no. 2 (2021)

Muali, Chusnul, Khoirun Nisa, Universitas Nurul, and Jadid Probolinggo. “PEMASARAN SYARIAH BERBANTUAN MEDIA SOSIAL : KONTESTASI STRATEGIS” 05, no. April (2019)

Munarsih Munarsih, Harsono Y, Jaenudin J. “PROMOTIONAL STRATEGY FOR ADMISSION OF NEW STUDENTS THROUGH DIGITAL MARKETING DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT SDIT BINA CENDEKIA-DEPOK” (2021).

Nurochim, Nurochim. “Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (Pik-Remaja).” Jurnal Konseling dan Pendidikan 9, no. 1 (2021)

Ogi, ournawan sigit. “Strategi Pengembangan Bisnis: Pengertian Lengkap Dan Tahapannya.” https://kledo.com/blog/strategi-pengembangan-bisnis/.

Oktapriandi, Digdoyo, Muhammad Ridwan Andi Purnomo, and Ali Parkha. “Analisis Pengembangan Model Bisnis Pada Industri Animasi Menggunakan Business Model Canvas Yang Terbatasi Biaya.” Teknoin 23, no. 3 (2017)

Osterwalder, Alexander, Yves Pigneur, Alan Smith, and The Movement. Business Model Generation. Kybernetes. Vol. 41. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., 2012.

Pengembangan, Analisis, Bisnis Syariah, and Dengan Business. “Analisis Pengembangan Bisnis Syariah Dengan” 3, no. 1 (2019)

Pramana, Wahyu, Heni Noviarita, and Erike Anggraeni. “Analisis Digital Marketing Dan Literasi Ekonomi Syariah Terhadap Pendapatan Pelaku Industri Kecil Dan Menengah Di Provinsi Lampung Melalui E-Commerce” 8, no. 02 (2022)

Pratikno, Arie. “No Title” (2020)

Qistiya, Ommy, Dewi Turgarini, and Agus Sudono. “Strategi Pengembangan Bisnis Dalam Upaya Meingkatkan Penjualan Di Café District 29.” Jurnal Manajemen Resort dan Leisure 14, no. 1 (2017)

Rahayu, Vitria Puri, Ratna Fitri Astuti, Mustangin Mustangin, and Aisyah Trees Sandy. “Analisis SWOT Dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner.” International Journal of Community Service Learning 6, no. 1 (2022)

Rainaldo, Wibawa, and Rahmawati. “Analisis Business Model Canvas Pada Operator Jasa.” Jurnal Sains dan Seni ITS 6, no. 2 (2017)

Rizqi, Zakka Ugih. “Penentuan Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Analisis SWOT Dan Business Model Canvas,” no. June (2019).

Safitri, Irvina, Darmawan Salman, and Rahmadanih. “STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KULINER : Studi Kasus Warung Lemang Di Jeneponto , Sulawesi Selatan.” Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian 14, no. 2 (2018)

Saputra, Mohamad Guruh, and Deli Silvia. “STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA PT PITU KREATIF BERKAH” 6, no. 1 (2020).

Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Science, Environmental. “Analysis of Business Development Strategies with Business Model Canvas Approach Analysis of Business Development Strategies with Business Model Canvas Approach” (2020).

Strategi, Implementasi, Pengembangan Bisnis, and Business Model Canvas. “Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas” IV (2021)

Sugiyono. METODE PENELITIAN BISNIS. Edited by Suryandari Yustiyani Sofia. ALFABETA.cv, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/revenue.v4i2.16851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung